Ditinggalkan, 8 Kota Indah Inipun Menjelma Jadi “Kota Hantu”

Istilah kota hantu mungkin sudah tak asing lagi di telinga kita, apalagi yang suka nonton film. Sering digambarkan dalam film, kota hantu adalah kota dengan bangunan lengkap seperti rumah pertokoan yang tidak ada penghuninya sehingga bangunan atau kota tersebut tak terawat dan menjadi rusak. Nah, pernah nggak sih kamu membayangkan kota-kota seperti itu ada di dalam dunia nyata?

Hmmm… bukannya tidak mungkim pastinya. Buktinya adalah kedelapan kota di dunia ini, yang ditinggalkan begitu saja dengan berbagai alasan seperti ekonomi, perang maupun  mistik. Padahal nih ya, kota ini awalnya termasuk kota yang cukup ramai dan indah.

Untuk lebih jelasnya, berikut adalah 8 kota yang ditinggalkan itu. Salah satunya ada di Indonesia lho.

1. Pripyat, Ukraina

Indonesia berniat membangun pembangkit listrik tenaga nuklir namun hingga kini masih ada pro dan kontra lantaran radiasi yang mungkin ditimbulkan. Pasalnya, jika sampai terjadi kebocoran maka akan membahayakan manusia. Seperti yang terjadi di Pripyat, Ukraina. Kota ini ditinggalkan penduduknya pada April 1986, beberapa hari setelah reaktor nomor 4 di pembangkit listrik tenaga nuklir Chernobyl meledak.

Kala itu, kandungan radiasinya mencapai tahap mematikan. Bahkan hingga kini kota tersebut masih dianggap terkontaminasi radiasi ledakan nuklir terburuk di dunia. Nah, siapa yang berani kesini coba? Oh iya, selain melihat bangunan kota, kamu juga bisa melihat banyak tumpukan sampah masker gas bekas pakai para penduduknya.

2. Pulau Hashima, Jepang

Ini merupakan kota tambang batu bara yang cukup berkembang pada zaman kejayaannya. Saat batu bara masih jadi sumber utama penghasilan dan harganya mahal, 5000 orang menghuni pulau ini, namun dengan semakin banyaknya orang yang menggunakan bahan bakar lain seperti bensin dan sebagainya, akhirnya pulau ini perlahan ditinggalkan.

Pulau ini sama sekali tak memiliki penghuni di tahun 1970an.

3. Kolmanskop, Namibia

Siapa yang tak kenal berlian permata termahal di dunia? Tidak salah jika negara atau kota yang mengasilkan akan makmur, seperti halnya yang terjadi dengan Kolmanskop, sebuah kota di Namibia.

Pada tahun 1908, berlian ditemukan pertama kalinya di kota ini hingga membuat kota berkembang pesat. Seiring bermunculannya berbagai bangunan seperti kasino, bioskop, sekolah, pabrik es, dan barang-barang modern lainnya.
Namun ketika stok berlian di sini habis, tepatnya pada 1950, perekonomian disini pun merosot. Satu persatu warganya pergi untuk mencari kehidupan yang lebih baik. Hingga akhirnya kota inipun tak lagi berpenghuni.

4. San Zhi, Taiwan

Kota ini ditinggalkan sebelum sempat dihuni. Kota San Zhi di Taiwan ini belum sempat dihuni layaknya tujuan awal didirikan, yaitu untuk tempat peristirahatan mewah bagi orang lansia kaya.

Akan tetapi proyek ini tak sempat di selesaikan. Pasalnya, banyak terjadi kecelakaan kerja dengan beragam alasan dan tak masuk akal. Akhirnya proyek dihentikan begitu saja karena kesulitan pendanaan dan tenaga kerja. Kalau kota ini benar-benar ada pasti isinya orang tua semua dan banyak kuburan.

5. Bodie, California

Seperti kota pertambangan yang kehilangan penghuni, Bodie di California juga mengalami hal yang sama. Kota yang memiliki kejayaan pada tahun 1870 karena tambang emasnya ditinggalkan penghuninya lima puluh tahun sesudah kejayaan, lantaran emasnya telah habis. Kota ini bahkan dijuluki kota hantu pada tahun 1915.

Tapi jika kamu ingin berkunjung kesana  sekarang, nggak usah takut karena sudah ramai, dengan sekitar 200 ribu orang yang datang berkunjung tiap tahunnya.

6. Craco, Italia

Kota ini ada di Eropa tepatnya di Craco, Italia. Kota ini mulai ditinggalkan penduduknya pada abad ke 20, padahal kota ini sudah berpenghuni sejak abad ke 8. Kota ini ditinggalkan warganya karena bencana alam gempa bumi pada abad ke 20, yang mewajibkam seluruh warga keluar dari kota kelahirannya.

Pada 1991, kota ini mengalami bencana tanah longsor dan meninggalkan bekas puing-puing bangunan yang rusak dan tak berpenghuni.

7. Marina city, Batam

Kota ini ada di Indonesia, tepatnya di Batam. Kota ini ditinggalkan seiring kebijakan pemerintah melarang perjudian.
Awalnya kota ini cukup maju karena merupakan pusat perjudian di Batam. Ketika kebijakan larangan dikeluarkan,  maka aktifitas perekonomian berhenti total hingga satu persatu warganya hijrah.

8. Kayakoy, Turki

Kota ini merupakan kota dengan toleransi beragama yang tinggi. Betapa tidak,  muslim Anatolia dan kristen Ortodoks yang tinggal disini hidup rukun dan damai.
Hingga pada tahun 1919, tepatnya pada  perang dunia pertama, situasi antara Yunani dnn Turki memanas. Hingga pada  tahun 1923 kota ini harus ditinggalkan oleh kedua suku penghuni sebagai bentuk perdamaian.

Sejak saat itu, Kayakoy menjadi kota tak berpenghuni yang dipenuhi puing-puing bangunan rusak akibat perang tersebut.

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

Hey there!

Sign in

Forgot password?
Close
of

Processing files…