VARIOUS, VARIOUS - JUNE 25: Michael Jackson performs in concert circa 1986. (Photo by Kevin Mazur/WireImage)

7 Musisi Yang Penampilannya Memengaruhi Dunia Fashion

Musik sebagai sebuah bahasa universal tak hanya memiliki pengaruh dalam kehidupan manusia, khususnya masyarakat penikmat musik itu sendiri, tetapi juga berpengaruh besar dalam dunia fashion. Penampilan, mulai dari ujung kepala hingga ujung kaki seorang musisi dapat menimbulkan dampak besar dalam dunia ini. Misalnya saja, apa yang dikenakan penyanyi idola pasti diikuti oleh para penggemarnya. Untuk itu, hanya musisi-musisi terkenal sajalah yang bisa memengaruhi perkembangan fashion.

Nah, penasaran siapa saja mereka? Yuk kita tengok 7 musisi yang mempunyai andil besar dalam dunia fashion.

David Bowie

Bisa dibilang dunia fashion belum sepenuhnya melirik bisnis pakaian pria sebelum munculnya David Bowie. Di eranya, yaitu era 70an, Bowie mendobrak citra berpakaian pria gentlemen dengan memakai busana glamor yang sekilas mirip pakaian perempuan. Yup, ia memang pernah memakai busana yang ia sebut sendiri sebagai man’s dresses atau gaun untuk pria. Ciri khas berpakaian ini membuat banyak orang jatuh cinta, terutama dari kalangan mode. Ia beberapa kali menjadi sumber inspirasi bagi para desainer dan brand kondang. Desainer Frida Giannini untuk brand Gucci bahkan pernah membuat seluruh koleksi yang terinpirasi olehnya.

Madonna

Madonna adalah salah sedikit penyanyi yang masih eksis hingga saat ini. Apa yang membuatnya masih bertahan? Selain karya musiknya, Madonna juga konsisten mengantarkan penampilan unik dengan busana-busana yang selalu membuat orang menoleh. Ia sangat berjaya di tahun 80an dengan anting bulat besar dan korset seksi. Coba tanya ibu atau tante kamu, mereka pasti pernah atau ingin mencoba dandanan a la Madonna ini.

Kurt Cobain

Siapa yang tidak mengenal Kurt Cobain? Bersama band Nirvana, Cobain merajai tangga lagu di era 90an. Generasi 90an pasti mengenalnya! Sebagai salah satu musisi legendaris, Cobain tak hanya berjasa menghasilkan lagu-lagu yang bagus, penampilannya juga sukses ditiru berpuluh ribu orang di seluruh belahan dunia. Gayanya dikenal dengan nama ‘grunge’. Cirinya adalah mengenakan jeans belel dengan kemeja flanel serta cardigan yang terlihat belum dicuci selama sebulan. Gayanya adalah gaya si pemberontak. Gaya ini pula yang mencuri hati para desainer dunia seperti Marc Jacobs dan Saint Lauren.

Michael Jackson

Siapa yang pertama terlintas dibenak kamu saat melihat jaket berpaku dan blazer a la militer? Tentunya bukan prajurit TNI tapi sosok legendaris Michael Jackson, kan? Pria yang mendapat gelar King of Pop ini memang identik dengan blazer militer yang dihiasi paku-paku. Gayanya semakin khas saat ia menari moon walk dengan kacamata hitam. Gaya ikonis ini juga yang memengaruhi dunia fashion pada zamannya, bahkan bisa dibilang hingga saat ini!

Rihanna

Perempuan asal Barbados ini rupanya tak hanya piawai bermusik tapi juga berbusana. Setiap kali tampil dalam video musik dan berjalan di red carpet acara penghargaan macam Grammys Awards, Rihanna selalu masuk ke dalam daftar selebriti berbusana terbaik. Rihanna memang sudah menjadi trendsetter dalam dunia fashion. Tak hanya menjadi muse atau sumber inspirasi para desainer, Rihanna kini mulai menjajal dunia fashion melalui brand Fenty x Puma yang laku di pasaran!

Taylor Swift

Bagi generasi millennial, Taylor Swift adalah sosok penyanyi yang merajai tangga lagu populer. Lagu-lagu yang enak didengar plus gaya busana yang manis, membuatnya menjadi panutan para perempuan muda di seluruh dunia. Gaya Taylor adalah gaya feminin dress dengan sentuhan retro atau vintage. Jangan lupakan juga crop tee yang memamerkan daerah perut yang sempat tren beberapa tahun lalu.

Lady Gaga

Pelantun lagu Poker Face ini memang punya gaya berpakaian yang tiada duanya. Setiap penampilannya selalu menjadi headline di media dan sosial media. Mulai dari gaun yang terbuat dari daging asli, topi berbentuk telepon, hingga sepatu berhak aneh tampak pantas-pantas saja di tubuhnya. Jangan tanya bagaimana pengaruh gaya busananya di dunia fashion, sebuah universitas di Amerika bahkan mempunyai mata kuliah yang membahas bagaimana dampak popularitas Lady Gaga di dunia musik, fashion, dan juga sosial budaya. Hmm… luar biasa bukan? So, mana diantara mereka semua yang gayanya ingin kamu tiru.

Hey there!

Sign in

Forgot password?
Close
of

Processing files…