Hati-hati Pilih Jurusan (Kuliah), 5 Pekerjaan Ini Konon Bakal Punah!

Pilih jurusan kuliah bukan asal suka saja tetapi terselip harapan besar untuk memperoleh pekerjaan yang layak setelah lulus nanti hingga akhirnya bisa hidup mapan di kemudian hari.

Ini beralasan, apalagi di tengah kemajuan teknologi seperti sekarang ini. Bahkan, beberapa pekerjaan bukannya tidak mungkin akan digantikan oleh robot sehingga peranan kita sebagai manusia pun berkurang. Inilah sisi lain kemajuan teknologi selain mensejahterakan.

Salah satu trik agar kita masih bisa kompetitif di era yang serba maju ini adalah dengan menguasai bidang yang lebih kompleks dan terdidik. Tapi kamu harus hati-hati ya, karena lima jurusan ini kemungkinan besar akan punah dalam 20 tahun ke depan.

1. Jurusan Akuntansi

Harus diakui ahli akutansi merupakan pekerjaan dengan penghasilan yang wow, namun ke depannya akuntan merupakan pekerjaan yang mudah tergantikan di lapangan. Pasalnya banyak perusahaan yang mulai melakukan pembayaran pajak via online. Ke depan pekerjaan akutansi secara individu akan sepenuhnya dilakukan online.

Nah, buat kamu yang memiliki gelar ini coba perdalam ilmu kamu dengan kemampuan lain agar bisa lebih berkembang.

2. Jurusan Broadcasting

Broadcast merupakan bidang yang cepat berubah. Seperti saat ini, TV bukan saluran berita utama, padahal jurusan ini berfokus pada teknologi penyiaran.

Saat ini cara berkomunikasi dan mendapatkan berita terus berubah, tidak lagi sebatas televisi tetapi dengan internet. Bisa jadi ke depan jurusan ini tidak relevan.

3. Jurusan Paralegal

Sarjana di bidang ini kemungkinan besar akan hilang karena sebagian besar tugas paralegal dapat dengan mudah dilakukan oleh komputer. Tugas paralegal yang bisa digantikan dengan mudah oleh komputer secara online adalah pengarsipan dan penelitian. Sehingga tidak dibutuhkan lagi tangan-tangan manusia.

4. Jurusan Perhotelan dan Pariwisata

Kenapa jurusan ini akan mudah hilang? Ini  karena dengan kemajuan teknologi akan bermunculan mesin check in otomatis. Bahkan harus diakui saat ini kebutuhan untuk  agen perjalanan, penginapan dan banyak lagi, makin tersingkirkan.

5. Jurusan Farmasi

Harus diakui kemajuan teknologi berdampak pada gaya hidup manusia, termasuk dalam hal jual beli yang banyak dilakukan secara online. Bahkan untuk obat-obatan.

Ke depan, mungkin yang masih dibutuhkan adalah peracik obat atau apoteker namun jumlahnya tidak banyak karena perusahaan obat ternama mendominasi penjualan obat sehingga peranan apoteker berkurang.

Nah, buat kamu yang sedang mencari jurusan kuliah, mulai lebih selektif mencari jurusan ya. Salah satu jurusan yang kemungkinan masih bisa bertahan adalah  ahli bahasa karena hingga kini belum ada teknologi yang cukup baik untuk menerjemahkan bahasa. [NF/IF]

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

Hey there!

Sign in

Forgot password?
Close
of

Processing files…